Mie Celor Palembang, Inilah Keunikan dan Asal Usulnya, Penasaran?

Mie Celor Palembang, Inilah Keunikan dan Asal Usulnya, Penasaran?

Mie celor Palembang menjadi kuliner wajib coba saat Anda berkunjung ke sana. Selain empek-empek Palembang, mie celor punya citarasa gurih yang begitu sarat akan sensasi seafood dan cukup kuat. Meski belum sepopuler empek-empek, namun kuliner lezat kaya akan rasa udang ini mudah Anda jumpai saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

Biasanya masyarakat setempat menjadikan mie celor sebagai hidangan sarapan. Tidak berlebihan juga apabila mie celor menjadi primadona kuliner karena harganya relatif terjangkau, namun hadir dengan cita rasa yang nikmatnya sungguh luar biasa tak tertandingi.

Mie Celor Palembang, Inilah Keunikan dan Asal Usulnya, Penasaran
kreasimasakan.com

Sejarah dan Asal Usul Kuliner Mie Celor Palembang

Kota yang mendapat julukan Venesia dari Timur ini menyimpan sejuta kuliner enak dan tak kalah lezat dari daerah-daerah di Nusantara lainnya. Uniknya, ternyata kota Palembang juga menyandang predikat sebagai kota tertua di Indonesia, bahkan dunia.

Keunikan tersebut bukan hanya menempel pada julukan kota Palembang saja. Ada salah satu kuliner yang tak kalah unik bisa Anda jumpai saat berkunjung ke sana, yakni mie celor.

Eeits, bener kok namanya mie celor bukan mie telor. Kata celor, adalah bahasa Pelembang yang artinya dicelup-celupkan. Jadi, dari sini kita tahu jika mie celor berarti mie yang dicelupkan.

Hidangan yang bersahabat di segala cuaca ini, baik cuaca panas maupun dingin, merupakan kolaborasi antara adat Melayu dan budaya Tionghoa. Oleh sebab itu, wajar apabila tampilan mie ini sepintas memang memiliki kemiripan dengan loe mie asal China bagian selatan.

Perbedaan yang sekaligus menjadi ciri khas mie celor Palembang, terletak pada ukuran mie yang relatif lebih besar dan lebar. Selain itu, warna mie celor juga sedikit lebih pucat.

See also  5 Kuliner Tradisional Indonesia yang Digemari Negara Lain

Warna kuahnya relatif putih namun lebih keruh, dan saat penyajiannya lengkap dengan udang beserta kaldunya. Warna kuah yang sedemikian berasal dari tambahan santan dan kaldu udangnya. Supaya kuah lebih kental dan lembut, terkadang mereka menambahkan tepung terigu.

Proses Pembuatan Mie Celor yang Unik

Masih berkaitan dengan namanya, mie celor Palembang pun memiliki keunikan dalam proses memasaknya. Jadi, nantinya mie akan dicelupkan sebentar ke dalam air yang telah mendidih. Hal ini agar tekstur mie menjadi lebih lembut saat Anda santap.

Keunikan mie celor justru terdapat pada proses pencelupan mie-nya. Bahan utama mie celor berupa mie kuning tersebut tidak dimasak bersamaan dengan bahan lainnya

Setelah mencelupkan beberapa saat ke dalam air panas, mie ditiriskan terlebih dahulu. Barulah saat hendak disajikan, mereka akan menuangkan kuah kental di atas mie tersebut.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, kuah tersebut berupa kaldu yang berasal dari udang atau ebi. Kuah juga diberi sedikit santan, susu, tepung terigu, serta bumbu racikan khas mie celor.

Penyajian Mie Celor

Sebelum mie celor disajikan, akan ada pelengkap tambahan berupa telur rebus, suwiran ayam, udang, kucai, tauge, dan tak lupa taburan bawang goreng. Sampai di sini, bisakah Anda membayangkan betapa nikmatnya mie celor Palembang?

Jangan dulu mengaku pecinta seafood bila sama sekali belum mencicipi mie celor ini. Untuk citarasa lezat yang lebih nendang, jangan lupa tambahkan sambal sesuai selera.

Apakah Anda tahu warisan kuliner Sumatera Selatan selain mie celor Palembang? Tertarik juga untuk mencicipinya? Bagaimanapun seluruh kuliner khas Nusantara adalah yang terbaik. Semua dimasak dengan bumbu rempah pilihan yang hanya ada di Indonesia. Kuliner khas daerah mana favorit Anda?

See also  Makanan Khas Toraja, Pelengkap Perjalanan Wisatamu