Baso Aci Garut, Kuliner khas Lezat yang Siap Menggoyang Lidah

Baso Aci Garut, Kuliner khas Lezat yang Siap Menggoyang Lidah

Jika bakso yang terbuat dari ikan, ayam, maupun daging sapi sudah biasa Anda temukan. Namun bagaimana jika bakso yang terbuat dari tepung aci atau tepung tapioka? Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Namanya adalah baso aci Garut.

Untuk Anda yang baru kali pertamanya mendengar nama kuliner unik tersebut kemungkinan bakal merasa pesimis dan ragu dengan rasanya. Memang penampilan dari bakso ini cenderung mirip dengan panganan yang sama-sama terbuat dari aci yakni cimol. Namun Anda akan menemukan sensasi yang berbeda ketimbang bakso yang lainnya pada saat menyantap baso aci.

Bakso aci atau yang lebih populer dengan baso aci ini merupakan salah satu jajanan favorit serta sangat gampang dijumpai. Sebetulnya, baso aci bukan sepenuhnya bakso lantaran tak ada campuran daging sebagaimana bakso lainnya.

Baso Aci Garut, Kuliner khas Lezat yang Siap Menggoyang Lidah
youtube.com

Nikmatnya Baso Aci Garut yang Bikin Ngiler

Garut menjadi salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat dengan kekayaan kulinernya. Ya, Garut menjadi salah satu kota penghasil dodol terbaik. Akan tetapi bukan hanya dodol saja, melainkan terdapat satu makanan khas lain dengan citarasa sangat lezat bernama baso aci.

Untuk Anda penyuka bakso tentu saja akan paham bahwa Kota Garut jadi surganya untuk kuliner khas satu ini. Umumnya, bakso yang Anda ketahui berasal dari olahan daging giling lalu dicampur dengan tepung kanji serta putih telur.

Bakso dan juga baso aci sama-sama bulat-bulat bentuknya serta memiliki tekstur yang kenyal. Akan tetapi, baso aci ini merupakan baks murni yang asalnya dari adonan tepung kanji tanpa terdapat campuran daging giling. Dari bahan utama tepung aci, tampilannya sangat mirip dengan cilok kuah yang kerap Anda temui. Perbedaan baso aci serta cilok kuah di sini yaitu rasa dan cara penyajiannya. Baso aci punya cita rasa kuah yang gurih dan juga kuat dengan aroma kencurnya.

See also  Rekomendasi Kuliner Malam Semarang yang Memanjakan Lidah

Ketika mengunjungi Kota Garut, Anda bakal menemukan banyak warung baso aci yang menjajakan jajanan khas ini. Kuliner terlaris ini tentu saja bukan hanya dapat dinikmati di Jawa Barat. Pasalnya, baso aci Garut sudah diproduksi ke ranah pasar secara nasional. Banyak pengusaha kuliner yang berasall dari berbagai dari daerah mulai meracik lalu menjajakan baso aci tersebut dengan beraneka ragam inovasi Baik dari citarasa, penyajian, hingga kemasannya pun beragam.

Kuah Baso Aci dengan Cita Rasa Asam Gurih

Tentunya, penggemar baso aci sudah mengenal cita rasa kuahnya yang gurih dan asam. Kuah jadi komponen penting demi menambah kesegaran ketika menyantap baso aci ini.

Bahan-bahan pada kuah baso aci Garut ini terdiri atas air, bumbu, garam, ebi, rempah, kaldu, serta daun jeruk yang diracik dengan sempurna sehingga menciptakan kuah segar saat mengguyur tenggorokan. Nah, supaya semakin lezat, kuah baso aci diberi perasan jeruk nipis atau jeruk limau yang sensasinya menyegarkan.

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan di dalam semangkok baso aci ini. Ya, tentu saja sambal yang menjadi teman wajib hampir seluruh kuliner dengan kuah gurih. Anda dapat memilih sambal favorit Anda untuk dituangkan ke dalam semangkok baso aci ini.

Baso aci tanpa topping alias bahan pelengkap memang sudah sedap rasanya. Namun, terdapat sejumlah topping atau isian baso aci yang dapat Anda pilih untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya. Mulai dari tahu, ayam suwir, cuanki, ceker, tetelan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang baso aci Garut yang saat ini jadi jajanan hits. Bas aci dengan kuah hangat ditambah topping dan sambal yang berpadu dalam mangkuk jadi sajian pas untuk dinikmati, Terlebih lagi ketika cuaca sedang hujan.

See also  Blayag Mek Sambru, Kuliner Khas Bali yang Melegenda