Mengenal 7 Jenis Pempek Palembang, Pecinta Pempek Harus Tahu

Mengenal 7 Jenis Pempek Palembang, Pecinta Pempek Harus Tahu

Walaupun sudah pernah makan pempek, tentunya kamu masih belum tahu semua jenis pempek Palembang ini. Bahkan, beberapa orang yang pernah makan pempek, pasti tidak tahu bahwa pempek tidak hanya terdiri dari satu jenis saja.

Untuk itu, supaya bisa mengenal lebih dalam lagi terkait jenis-jenis kuliner khas Palembang ini, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Pempek Palembang
pinterest

Macam dan Jenis Pempek Palembang

Pempek Palembang menjadi salah satu kuliner yang disukai banyak orang. Rasanya yang gurih dan dicampur dengan kuah pedas manis, tentu membuatnya semakin menggiurkan.

Namun, perlu kamu ketahui, sebenarnya pempek Palembang ini tidak hanya terdiri dari satu macam saja, melainkan terbagi menjadi beberapa macam. Nah, berikut ini serangkaian jenis pempek dari Palembang yang paling populer.

1. Pempek Lenjer

Pempek Lenjer ini menjadi salah satu pempek Palempang yang paling populer di kalangan banyak orang. Jenis ini mempunyai bentuk memanjang atau seperti lenjeran dalam bahasa Palempang. Bisa dibilang, pempek lenjer ini merupakan ibu dari semua jenis pempek, sebab adonannya yang paling dasar ketimbang yang lainnya.

2. Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam ini juga termasuk jenis pempek Palembang yang sangat populer. Kuliner khas Palembang yang satu ini mempunyai isian telur dan disajikan dalam ukuran besar. Untuk bentuknya sendiri yaitu terlihat sedikit bulat dan menggembung, sebab didalamnya ada isian tersebut.

3. Pempek Adaan

Untuk jenis pempek Plembang yang satu ini mempunyai bentuk bulat atau adaan. Uniknya, pempek yang satu ini dibuat dengan menggunakan potongan bawang serta santan. Pempek adaan ini juga tidak direbus dahulu, melainkan langsung digoreng.

4. Pempek Lenggang

Jenis pempek Palembang berikutnya yaitu lenggang. Pempek ini mempunyai bentuk kotak dengan pengolahannya dipanggang. Untuk adonan dasar pembuatannya yaitu dicampur dengan telur bebek lalu digoreng. Jika di Palembang sendiri, adonannya akan dibungkus menggunakan daun pisang, setelah itu baru dipanggang.

See also  Mengenal Asal-Usul Olahan Ayam Betutu Khas Bali Beserta Keunikannya

5. Pempek Keriting

Untuk pempek keriting ini mempunyai bentuk bergelombang seperti mie keriting namun digulung hingga berbentuk bulat. Pempek jenis ini menjadi salah satu jenis pempek yang pembuatannya terbilang rumit, sebab harus menggunakan pirikan.

6. Pempek Pistel

Pempek pistel ini mempunyai bentuk seperti pastel dengan isian tumis daun pepaya muda serta ebi masak santan. Untuk proses pematangannya, pempek ini melalui direbus atau juga bisa digoreng.

7. Pempek Tunu

Pempek tunu ini menggunakan proses pematangan dengan cara dipanggang diatas arang. Setelah matang, pempek ini akan dibelah tengahnya lalu diberi ebi, kecap, serta sambal cabai rawit yang telah dihaluskan.

Nah, itulah beberapa jenis pempek Palembang yang perlu kamu ketahui. Dari beberapa jenis pempek di atas, manakah yang pernah kamu coba? Jika baru mencoba satu jenis, kamu perlu mencoba jenis lainnya supaya bisa merasakan keunikan rasanya masing-masing.