Makanan Khas Toraja, Pelengkap Perjalanan Wisatamu

Makanan Khas Toraja, Pelengkap Perjalanan Wisatamu

Makanan khas Toraja menjadi salah satu hal yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Toraja.  Toraja menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal. Banyak sekali hal menarik dari Tanah Toraja ini, mulai dari adat istiadat, keindahan alam, hingga makanan khas yang dimiliki.

Makanan Khas Toraja
unsplash.com

Makanan Khas Toraja yang Wajib Kamu Cicipi

Toraja menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Daerah ini memang memiliki pesona yang cukup menarik. Adat istiadat yang kental menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini.

Namun, makanan khas juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke suatu tempat. Tidak terkecuali jika kamu berkunjung ke Toraja ini. Berikut ini adalah makanan khas Toraja.

Dangkot

Dangkot ini singkatan dari dangkot kotte. Dalam bahasa Toraja, kotte adalah bebek. Sesuai namanya, kuliner khas Toraja satu ini memang olahan daging bebek.

Olahan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas. Rasa itu memang sesuai dengan lidah orang Toraja yang suka dengan makanan bercita rasa pedas.

Deppa Tori

Deppa tori menjadi makanan selanjutnya yang harus kamu cicipi ketika datang ke Tana Toraja. Makanan yang satu ini adalah cemilan yang biasanya menjadi teman saat minum teh atau kopi. Deppa tori berasal dari tepung beras dan gula merah yang ditaburi wijen.

Camilan ini merupakan salah satu camilan yang renyah. Kamu bisa menemukan makanan ini di toko oleh-oleh atau toko-toko di sekitar Toraja.

Pa’piong

Makanan ini dimasak dengan menggunakan bambu yang kemudian dibakar. Ikan, ayam, atau babi menjadi bahan utama untuk makanan ini. Kemudian dicampur dengan berbagai macam sayuran khas dari Toraja.

See also  Blayag Mek Sambru, Kuliner Khas Bali yang Melegenda

Makanan yang satu ini juga memiliki citarasa pedas. Pedas yang dihasilkan berasal dari lombok katokkon yang merupakan cabe asli dari Toraja.

Kopi Toraja

Kopi Toraja menjadi  kuliner yang wajib kamu cicipi atau wajib kamu jadikan oleh-oleh ketika datang ke Toraja. Minuman yang satu memang menjadi ikon yang paling terkenal dari Toraja. Kualitas kopi Toraja memang tidak bisa diragukan lagi.

Kopi ini menjadi kopi unggulan yang sudah terkenal di berbagai penjuru negeri. Bahkan kopi ini juga sangat populer di berbagai negara. Hingga kopi ini juga mendapatkan julukan sebagai queen of coffee.

Palopo

Palopo juga menjadi makanan yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke Toraja. Makanan ini berbahan dasar sagu. Bentuknya hampir mirip dengan cilok dan biasanya diisi dengan ayam atau ikan sesuai selera.

Cara makannya biasanya dicampur dengan kuah kacang, kuah ikan, kuah daging, atau kuah sayur. Makanan ini menjadi makanan berat yang mengenyangkan.

Nah, itulah makanan khas Toraja yang bisa kamu cicipi ketika datang ke Toraja. Dengan merasakan makanan khas dari daerah yang kita kunjungi, pastinya akan membuat perjalanan wisata kita terasa lebih sempurna.