Makanan istimewa dari Bandung yang sedang populer dan lezat

Makanan istimewa dari Bandung yang sedang populer dan lezat

casutacopiilor.info – Saat ini, kelezatan kuliner khas Bandung sedang menjadi sorotan utama di dunia kuliner. Dari kelezatan tradisional hingga inovasi terbaru, setiap gigitan memberikan pengalaman tak terlupakan yang membuat lidah bergoyang. Makanan istimewa dari Bandung tidak hanya menjanjikan kenikmatan rasa yang tiada tara, tetapi juga kepopuleran yang tak tertandingi. Dijamin, setiap hidangan akan menjadi favorit dan terlaris di setiap kesempatan.

Kuliner bandung
kompas.com

Berikut Ini Makanan Khas Bandung:

1. Surabi Khas Bandung

Surabi, makanan khas Jawa Barat yang telah melampaui batas-batas regionalnya dan menjadi favorit di seluruh Nusantara, menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Terbuat dari tepung beras, makanan ini memikat dengan kesederhanaannya yang menggoda. Pada dasarnya, rasa surabi cenderung netral, menyerupai tekstur dan cita rasa roti yang lembut. Namun, keunikan sejati surabi terletak pada kemampuannya untuk mengakomodasi berbagai jenis topping, memungkinkan para penikmatnya untuk menyesuaikan cita rasa sesuai dengan selera masing-masing.

2. Batagor

Batagor, singkatan dari Bakso Tahu Goreng, adalah salah satu kuliner khas Bandung yang semakin meraih popularitas di berbagai penjuru Nusantara. Makanan ini menjadi perpaduan harmonis antara dua bahan utama, yaitu bakso dan tahu, yang kemudian digoreng menjadi cita rasa yang menggoda selera. Proses penggorengan memberikan sentuhan renyah pada luarannya, sementara kelembutan bakso dan tahu di dalamnya memberikan pengalaman rasa yang sempurna.

3. Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung telah lama menjadi salah satu ikon kuliner khas dari kota ini. Terkenal dengan cita rasa gurih dan kelezatan yang menggoda, mie kocok Bandung merupakan salah satu hidangan favorit di jalanan kota. Keistimewaan mie kocok Bandung tidak hanya terletak pada mie-nya yang lembut, tetapi juga pada kuah gurih yang menjadi bumbu utamanya.

See also  6 Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Cirebon Yang Terkenal

4. Seblak

Jika Anda ingin merasakan sensasi kuliner terbaru yang sedang menjadi tren di Bandung, seblak adalah pilihan yang tepat. Makanan kekinian ini telah menarik perhatian banyak penggemar kuliner dengan cita rasa yang unik dan menggugah selera. Seblak, yang memiliki dasar kerupuk yang direbus, telah menjadi ikon dari inovasi kuliner kota ini.

Dibalut dengan campuran bumbu khas yang terdiri dari kencur, cabai, dan bawang putih, seblak memberikan perpaduan rasa yang khas dan memukau. Keunikan seblak tidak hanya terletak pada bumbu-bumbunya yang kaya akan rempah, tetapi juga pada tambahan daging ayam, baik paha maupun ceker, yang melengkapi cita rasa gurihnya.

5. Lotek dan Karedok

dua hidangan yang sering kali disandingkan namun memiliki perbedaan yang mencolok dalam pengolahannya. Lotek terbuat dari sayuran yang telah dimasak atau matang, sedangkan karedok terdiri dari sayuran yang segar atau mentah. Meskipun memiliki perbedaan dalam penggunaan bahan dasar, keduanya memiliki kesamaan dalam bumbu yang digunakan.

Bumbu dari lotek dan karedok sama-sama memanfaatkan kacang tanah yang dihaluskan, gula merah untuk memberikan sentuhan manis, kencur untuk aroma khas, dan bawang merah yang memberikan rasa gurih. Perpaduan bumbu-bumbu ini memberikan cita rasa yang khas dan lezat pada kedua hidangan.

6. Colenak

Colenak, hidangan tradisional yang menjadi kebanggaan dari Jawa Barat, menawarkan cita rasa yang khas dan menggoda. Bahan utamanya adalah peuyeum atau tape Bandung, yang merupakan produk fermentasi singkong yang telah menjadi ikon dari kota Bandung. Proses pembuatannya yang melalui fermentasi memberikan tape Bandung tekstur yang lembut dan cita rasa yang unik.

7. Bandros

Bandros adalah makanan khas yang melambangkan kelezatan dan keunikan dari kota Bandung. Terbuat dari bahan utama tepung beras dan santan kelapa, bandros merupakan hidangan yang menggugah selera dan mengundang selera. Proses pembuatannya melibatkan cetakan khusus yang memberikan bentuk cekung yang khas pada makanan ini, menambah daya tarik visualnya.

See also  Asal-Usul Jajanan Kerak Telor, Makanan Khas Betawi yang Melegenda

8. Combro

combro adalah salah satu hidangan yang terkenal dari Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat. Hidangan ini terbuat dari singkong yang diparut, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu dan isian, dan akhirnya digoreng hingga kecokelatan. Salah satu isian yang umum digunakan untuk combro adalah oncom yang telah dibumbui dengan garam, bawang merah, kencur, dan cabai.

9. Cuanki

Cuanki, makanan khas Kota Kembang yang memikat selera dengan kelezatan dan kehangatan kuahnya, merupakan salah satu kuliner yang menjadi favorit di tengah cuaca dingin Bandung. Meskipun mirip dengan bakso dalam bentuknya, cuanki memiliki perbedaan signifikan dalam penyajiannya.

10. Gehu Jeletot

Gehu Jeletot merupakan salah satu sajian khas yang menggabungkan kelezatan tahu dengan kepedasan yang menggugah selera. Dalam pembuatannya, tahu digoreng setelah dilumuri dengan bumbu tepung basah yang memberikan tekstur renyah di luar dan lembut di dalamnya. Perbedaan utama Gehu Jeletot dengan gorengan tahu biasa terletak pada isian dan tingkat kepedasannya.
Isian Gehu Jeletot biasanya terdiri dari campuran sayuran yang diberi bumbu pedas, sehingga memberikan sensasi pedas yang menyengat saat dimakan. Beberapa contoh isian yang sering digunakan adalah cabai, daun bawang, atau bahan sayuran lainnya yang diolah dengan bumbu pedas khas.