Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Langsung

Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Langsung

Makanan khas Betawi yang masih eksis hingga saat ini bukan tanpa alasan. Deretan makanan tersebut memiliki cita rasa yang berbeda dengan biasanya. Bahkan banyak orang ketagihan setelah mencoba makanan mereka satu kali saja.

Indonesia memiliki kekayaan cita rasa makanan yang menarik. Tidak hanya makanan berat namun bahkan untuk makanan ringannya. Perkembangan budaya makanan khas seperti inilah yang menjadi daya tarik untuk wisata kuliner.

Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa makanan yang berasal dari Betawi untuk Anda. Jika ingin merasakan kesempatan mencicipinya jangan melewatkannya. Dijamin akan ketagihan dan menjadikannya makanan favorit.

Makanan Khas Betawi
freepik.com

Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Beberapa menu di bawah ini wajib Anda coba ketika berkunjung ke Jakarta. Mencoba langsung di daerahnya tentu saja memiliki cita rasa yang berbeda dan memberikan sensasi lebih menarik. Jadi, catat dan kunjungi langsung untuk buktikan kepopulerannya tersebut.

Kerak Telor

Makanan khas ini mungkin sudah tidak asing, pasalnya banyak daerah yang menjualnya di pinggir jalan dengan mudah. Namun ketika mencobanya langsung di tanah Betawi jelas akan berbeda. Campuran dari ketan, telur dan ebi tersebut memiliki takaran yang pas. Biasanya kerak telor juga akan muncul di beberapa perayaan besar seperti kondangan atau semacamnya.

Nasi Ulam Betawi

Kedua, terdapat makanan yang memiliki dua jenis. Kita bisa memilih antara kering dan basah untuk merasakan nasi ini. Nantinya di dalamnya aka nada beberapa sayuran dan tambahan lauk untuk menambah rasanya tersebut. Orang yang menyukai makanan ini karena cocok untuk dibawa kemana-mana untuk mengganjal perut.

Semur Jengkol

Makanan khas Betawi yang pasti sudah umum ini berasal dari jengkol. Penggunaannya cukup direbus langsung dan menambahkan dengan bumbu yang khas. Beberapa daerah juga memiliki masakan serupa namun bumbunya berbeda. Untuk masyarakat Betawi lebih menyukai bumbu yang merah dan pedas dengan sentuhan gurih, cocok untuk lauk makan dengan nikmat.

See also  Baso Aci Garut, Kuliner khas Lezat yang Siap Menggoyang Lidah

Putu Mayang

Menu makanan berat yang kita sebutkan sebelumnya juga bisa diakhiri dengan putu mayang. Jika diperhatikan makanan ini termasuk dessert yang manis. Pembuatannya menggunakan tepung beras lalu dibuat seperti mie dengan warna warni.

Penyajiannya ditambahkan dengan santan dan kinca yang memberikan rasa mirip dengan es dawet. Kita bisa memakannya dengan es atau hangat pun akan terasa enak. Bagi yang menyukai makanan manis wajib mencobanya segera untuk buktikan rasanya tersebut.

Makanan khas Betawi tersebut bisa membantu Anda untuk mendapatkan kesempatan merasakan cita rasa khasnya secara langsung. Tidak seperti jualan di daerah lain yang asalnya dari resep yang berbeda. Tentu masakan asli akan memiliki rasa yang lebih otentik dan membuat lidah terasa dipuaskan meski hanya satu kali.