Asal-Usul Jajanan Kerak Telor, Makanan Khas Betawi yang Melegenda

Asal-Usul Jajanan Kerak Telor, Makanan Khas Betawi yang Melegenda

Jajanan kerak telor ini memanglah sudah melegenda dan terbilang menjadi makanan khas daerah yang cukup populer. Warga Jakarta tentunya sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Bagaimana tidak? Jajanan tersebut hampir selalu ada di beberapa sudut atau pinggiran di Jakarta.

Walaupun saat ini sudah mulai berkurang, namun jajanan tersebut masih tetap ada di sekitar Jakarta. Perlu kamu ketahui juga, kerak telor ini mempunyai sejarah unik. Nah, supaya tidak hanya sekedar menikmatinya saja, kamu bisa mengenal lebih dalam lagi dari mana asal kerak telor ini.

jajanan kerak telor
pinterest

Mengenal Jajanan Kerak Telor

Seperti yang sudah dijelaskan, kerak telor ini menjadi salah satu jajanan yang tidak asing di lidah masyarakat Jakarta. Jajanan ini juga termasuk ke dalam makanan khas daerah Jakarta, khususnya Betawi. Kerak telor tersebut juga sering dijuluki sebagai omeletnya orang Betawi. Biasanya, jajanan tersebut sering muncul di pinggiran kota Jakarta atau ketika ada perayaan memperingati Hari Jadi Kota Jakarta maupun pada saat ulang tahun republik Indonesia.

Pada umumnya, kerak telor ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan telor dan dimasak menggunakan wajan khusus hingga matang dan pinggirannya terasa garing serta berkerak. Dalam penyajiannya, kerak telor ini diberi topping serundeng supaya lebih nikmat.

Asal-Usul Kerak Telor

Konon, kerak telor ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Pada zaman dahulu, jajanan unik kerak telor ini muncul karena ketidaksengajaan yang dibuat oleh masyarakat asli Betawi. Mereka mencoba-coba membuat olahan yang memanfaatkan buah kelapa dari sana.

Sebab, dulunya di Jakarta mempunyai banyak sekali pohon kelapa yang berbuah, dan mereka mencoba untuk membuat inovasi olahan baru. Alhasil, mereka menemukan ide untuk mencampurkan kelapa dengan beras ketan serta telur yang dicampur menjadi satu. Dengan demikian, munculah kerak telor ini.

See also  3 Rekomendasi Soto Mie Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi

Pada tahun 1970-an, masyarakat Betawi sudah mulai untuk menyajikan kudapan kerak telor ini di pasaran. Tak disangka-sangka, ternyata ada banyak orang yang cocok dan menyukai kudapan yang satu ini. Bahkan, saking banyaknya yang menyukai, kerak telor ini menjadi olahan favorit masyarakat jakarta. Hingga saat ini, olahan kerak telor menjadi salah satu makanan khas daerah khususnya Betawi yang masih tetap ada dan disukai banyak orang. Harga kerak telor ini juga sangat terjangkau, jadi tak heran jika semua kalangan masyarakat Jakarta tertarik mencobanya.

Jadi, itulah asal usul terciptanya jajanan kerak telor ini. Bagaimana cukup menarik bukan? Hanya karena asal coba-coba yang dilakukan oleh orang Betawi, alhasil bisa menciptakan olahan yang sangat nikmat dan hingga saat ini menjadi makanan khas daerah yang populer. Bahkan, saat ini sudah ada banyak sekali penjual yang melestarikan jajanan yang satu ini.