5+ Kuliner khas Pekalongan yang Menggugah Selera

5+ Kuliner khas Pekalongan yang Menggugah Selera

Punya cita rasa yang khas dan nikmat, kuliner khas Pekalongan tentu sayang jika Anda lewatkan. Ada beragam pilihan hidangan Pekalongan yang bisa Anda sesuaikan dengan selera. Apalagi, harganya murah meriah.

Kuliner khas Pekalongan
youtube.com

6 Kuliner Khas Pekalongan

Bagi Anda yang saat ini tengah berencana menghabiskan waktu liburan ke Pekalongan, tidak perlu bingung lagi mencari kuliner lezat. Berikut ini beberapa rekomendasi kulinernya.

1. Tauto

Tauto merupakan soto khas Pekalongan yang banyak digemari. Kuliner ini memiliki bumbu tauco sebagai ciri khasnya.

Anda bisa menikmati kuliner ini dengan berbagai macam pilihan daging, seperti daging ayam, daging kerbau, hingga daging sapi. Aneka pilihan daging ini kemudian disiram dengan kuah. Supaya rasanya semakin nikmat, bisa dengan tambahan sambal.

2. Sego Megono

Sego Megono adalah kuliner khas Pekalongan yang terdiri dari nasi dan olahan nangka muda sebagai sayurnya. Irisan nangka muda ini berbentuk kecil-kecil.

Umumnya, masyarakat asli Pekalongan menjadikan sego megono sebagai menu sarapan. Namun, makanan ini bisa Anda jadikan sebagai santapan makan siang maupun makan malam. Tersedia dengan berbagai macam pilihan lauk dan olahan lainnya.

3. Pindang Tetel

Pindang khas Pekalongan berbeda dengan pindang daerah lainnya. Biasanya, jenis pindang daerah lainnya terbuat dari ikan.

Namun, pindang tetel Pekalongan justru terbuat dari tetelan sapi. Dalam penyajiannya, menggunakan kuah yang sudah diberi kluwek. Makanan ini memiliki warna gelap seperti rawon khas daerah Jawa Timur.

4. Kluban

Secara sekilas, kluban tampak seperti kuluban khas Jawa Timur. Bedanya, makanan khas Pekalongan ini menggunakan isian kacang panjang, sayur kol, bayam, tauge, hingga kangkung yang telah direbus.

Setelah itu, mendapatkan campuran parutan kelapa. Olahan kluban ini sangat identic dengan rasanya yang pedas. Selain dihidangkan untuk santapan sehari-hari, paling sering disajikan saat hari lebaran.

See also  Makanan Khas Bali yang Lezat dan Harus Anda Coba

5. Garang Asem

Garam asem terbuat dari tetelan sapi yang melalui proses perebusan. Membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga tetelan sapi menjadi empuk.

Untuk kuahnya, menggunakan kuah asem yang segar dan bening. Biasanya, masyarakat Pekalongan menyantap makanan ini bersama dengan telur ayam dan jeroan sapi.

Bagi Anda yang suka dengan rasa pedas, bisa menikmatinya bersama cabai atau sambal. Rasanya pun menjadi lebih nikmat.

6. Lontong Lemprak

Lontong lemprak merupakan kuliner yang terbuat dari ayam kampung. Ayam kampung ini digoreng hingga matang.

Setelah itu, ditambahkan kuah yang kental dengan aroma dan bumbu rempah pilihan. Bagi yang sudah familiar dengan olahan soto, tentunya tidak asing dengan kuliner khas Pekalongan ini.

Untuk menambah cita rasanya yang lezat, Anda bisa menyantapnya dengan potongan lontong sebagai pelengkapnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kuliner khas Pekalongan yang bisa Anda nikmati. Kuliner-kuliner ini sudah tersebar luas di setiap sudut Pekalongan, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Jangan lupa ajak pasangan, sahabat, keluarga dan sanak saudara untuk turut mencicipinya.