Saran untuk Menjelajahi Kuliner Khas Medan

Saran untuk Menjelajahi Kuliner Khas Medan

casutacopiilor.info – Medan memiliki banyak aspek menarik. Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia dan terbesar di Sumatera, Medan menawarkan pengalaman kuliner yang menggiurkan. Selain itu, sebagai gerbang barat pariwisata Indonesia, kota ini memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Keberagaman budaya Medan juga merupakan ciri khas yang menonjol.

kuliner
unsplash

Di beberapa tempat yang direkomendasikan ini, kamu juga bisa mencoba hidangan khas Medan yang harus kamu rasakan ketika berkunjung ke sini.

Daftar Tempat Makan Terkenal di Medan

1. Kuliner Malam di Merdeka Walk

Merdeka Walk diakui sebagai titik panas wisata kuliner di Medan karena terdapat banyak penjual makanan, dengan total 30 outlet. Tempat ini merupakan destinasi ideal untuk mengeksplorasi berbagai macam makanan, termasuk yang sedang tren saat ini.

Contoh makanan yang tersedia mencakup soto, lontong sayur, sushi, steak, dan berbagai jajanan lainnya. Karena banyaknya opsi makanan, harga-harga di sini berkisar antara Rp5.000 hingga Rp100.000.

Selain menjadi pusat kuliner malam di Medan, Merdeka Walk juga sering menjadi tempat hangout yang menyenangkan bagi para remaja. Aktivitas seperti lomba menari atau dance, menonton pertandingan sepak bola bersama, dan kompetisi musik sering diadakan di sini.

2. Kedai Durian Ucok

Selanjutnya, ada Kedai Durian Ucok, destinasi utama untuk menikmati durian Medan. Sebenarnya, belum bisa dianggap pernah ke Medan jika belum berkunjung ke sini.

Durian Medan sangat terkenal karena memiliki daging buah yang tebal dan manis. Selain itu, reputasi legendaris kedai ini juga terkenal karena kualitas rasa durian yang khas. Yang lebih menarik lagi, jika durian yang kamu beli tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa menukarnya.

Setiap hari, Kedai Durian Ucok mampu menjual sekitar 6.000 buah durian. Keistimewaannya, persediaan durian tidak pernah habis karena berasal dari berbagai daerah di Sumatera.

See also  Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Langsung

Harga durian yang sudah dikupas berkisar antara Rp85.000 hingga Rp110.000, sedangkan untuk durian utuh, harganya disesuaikan dengan ukuran buahnya.

3. Sate Memeng H. Muhammad Saimin

Bagi generasi milenial, mungkin Sate Memeng terlihat kurang menarik karena pada dasarnya menyajikan variasi daging yang serupa dengan sate pada umumnya.

Namun, bagi mereka yang lebih senior atau lahir sebelum tahun 1990, pasti mengenal kelezatan Sate Memeng dengan baik. Sate ini diakui sebagai salah satu yang terbaik di Medan dan memiliki reputasi legendaris. Harganya juga sangat terjangkau, cuma Rp20.000 untuk setiap porsi. Sate Memeng telah beroperasi sejak tahun 1945 dan sekarang dikelola oleh generasi ketiga. Usianya sama dengan Indonesia merdeka.

Sate Memeng tersedia dalam pilihan potongan daging sapi atau ayam, yang ditusuk dan disajikan dengan kuah kacang atau kuah khas sate Padang. Selain itu, ada juga opsi untuk sate hati, usus, atau campuran. Tersedia juga tiga varian bumbu: bumbu kacang, bumbu kecap, dan bumbu khas sate Padang.

4. Murni Martabak Piring

Umumnya, martabak biasanya disajikan dengan tekstur yang empuk. Namun, di tempat ini, kamu akan menemukan martabak dengan karakteristik yang berbeda. Martabaknya mini dengan tekstur yang garing, tipis, dan kering sehingga sedikit crispy, dan isinya sederhana dengan meses, kacang, keju, dan mentega.

Keunikan terletak pada metode pembuatannya yang masih menggunakan tungku arang, serta cetakannya yang menggunakan piring berdiameter satu jengkal. Proses memasaknya dimulai dengan menuangkan adonan, baik yang encer maupun pekat, kemudian ditambahkan topping sesuai pesanan.
Harga martabak ini sangat terjangkau, berkisar antara Rp3.500 hingga Rp6.000.

5. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takano Juo adalah nama sebuah rujak khas Medan Minang yang memiliki rasa pedas dan unik. Diberi nama “Rujak Kolam” karena terletak di sekitar kolam yang ada di Taman Sri Deli, sementara “Takano Juo” mengacu pada asal pemiliknya dari Sumatera Barat. Tempat ini mudah ditemukan karena lokasinya yang dekat.

See also  Oseng Mercon Jogja, Rasa Pedas Mantapnya Bikin Muka Kesemutan

Keunikan dari rujak ini terletak pada keaslian bumbunya. Bumbu utamanya terdiri dari kacang giling, pisang batu, dan terasi. Pisangnya tidak dihaluskan sepenuhnya, memberikan rasa sedikit renyah dan manis. Terasi menambahkan rasa gurih dan aroma yang khas.

6. Kesawan Square

Kesawan Square adalah sebuah area kuliner di Medan yang menawarkan berbagai macam jajanan lezat untuk memuaskan lidah Anda. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa makanan di sini tersedia dalam versi halal dan nonhalal, dan mudah dibedakan melalui atribut warna. Makanan halal ditandai dengan atribut berwarna biru, sementara yang nonhalal ditandai dengan atribut berwarna merah.

Tidak hanya menikmati hidangan lezat, tetapi juga merasakan nostalgia masa lalu karena bangunan-bangunan tua peninggalan masa penjajahan yang masih berdiri di sekitarnya.

Selain itu, harganya sangat terjangkau, di mana Anda dapat merasa kenyang dengan uang yang relatif sedikit, berkisar antara Rp3.500 hingga Rp25.000 untuk berbagai macam hidangan.

7. Wajir Seafood

Bagi para penggemar seafood, tempat kuliner di Medan ini sangat cocok untuk memuaskan hasrat akan hidangan laut.
Dengan konsep outdoor, Anda bisa menikmati suasana kota Medan yang ramai sekaligus.
Menu andalannya adalah kepiting lunak dan cumi telur asin, tetapi tersedia juga berbagai hidangan lezat lainnya yang dapat Anda pilih sesuai selera. Rentang harga untuk makanan dan minuman berkisar antara Rp2.500 hingga Rp50.000.