Blayag Mek Sambru, Kuliner Khas Bali yang Melegenda

Blayag Mek Sambru, Kuliner Khas Bali yang Melegenda

Blayag Mek Sambru merupakan salah satu makanan khas Bali yang mendunia. Hal ini, tidak terlepas dari cita rasanya yang menggugah selera. Blayag adalah hidangan yang merupakan kombinasi dari ketupat dan berbagai isian, lengkap dengan kuah kuning kental.

Secara aslinya, istilah blayag merujuk pada tipat yang memiliki arti ketupat dalam bahasa Bali. Namun, tidak seperti ketupat biasa yang berbentuk jajar genjang (wajik). Blayag memiliki bentuk yang lebih lonjong, menyerupai lontong. Perbedaan ini memberikan tekstur yang unik dan menjadi ciri khasnya.

Blayag Mek Sambru, Kuliner Khas Bali yang Melegenda
Unsplash.com

Blayag Mek Sambru Sebagai Warisan Kuliner Tradisional Bali

Setiap wilayah memiliki makanan khas yang mencerminkan identitas daerah tersebut. Salah satu makanan khas yang wajib Anda cicipi adalah Blayag Bali dengan nama Mek Sambru. Kuliner ini diperkenalkan oleh Ni Made Resi (Mek Sambru) dan telah ada sejak lebih dari 55 tahun yang lalu.

Menurut informasi dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Blayag Bali Mek Sambru diakui sebagai warisan budaya tak benda di Indonesia.

Sejarah

Selain budayanya yang mendunia, Bali juga memiliki ciri khas kuliner bercita rasa dan bersejarah. Menurut cerita, kuliner ini menjadi populer berkat Ni Made Resi atau yang terkenal sebagai Mek Sambru (Ibu Sambru).

Wanita berusia 80 tahun ini telah mempertahankan kuliner ini sejak tahun 1967 hingga sekarang. Ni Made Sambru sendiri, telah memulai usaha menjual Blayag setelah terinspirasi oleh ibunya yang sering membuat blayag di rumah.

Ia mulai menjual blayag di Jalan Raya Gajah Mada, Amlapura, dan lokasi tersebut tidak berubah sampai saat ini. Sampai saat ini, kuliner tersebut tidak hanya terkenal di Bali saja, namun telah menjadi buah bibir di seantero negeri hingga mancanegara.

See also  5+ Kuliner khas Pekalongan yang Menggugah Selera

Sajian Khas Menu Kuliner Blayag Mek Sambru.

Kuliner khas Bali ini umumnya dapat Anda nikmati dengan berbagai pilihan menu yang dapat Anda pilih sendiri. Biasanya tersaji dengan 16 macam lauk khas Bali yang berbeda. Blayag, yang merupakan variasi nasi biasa, dapat Anda nikmati dengan menu lauk dan sayur dengan bumbu khas daerah Karangasem Bali.

Aneka bumbu tersebut seperti pelecingan, plalah, base gede, rajang, serta be siap (daging ayam), dan toktok. Terdapat pula sate ayam serapah mesanten kentel, tempe lalah, tempe mesanten, dan aneka sayur urap paduan kacang-saur dan sambel pelecingan yang lezat.

Harga dan Lokasi Kuliner Blayag

Apabila Anda sedang berkunjung ke Bali, dan ingin menikmati menu tradisional khas Karangasem ini, tak usah khawatir. karena Anda dapat menikmatinya dengan pilihan harga yang terjangkau. Satu porsi Blayag lengkap bisa Anda nikmati dengan harga Rp25 ribu saja.

Lokasi kuliner Blayag umumnya mudah Anda temui. Tetapi untuk mencicipi Blayag khas dari Mek Sambru, Anda dapat mengunjungi Jalan Raya Gajah Mada, Amlapura, Kabupaten Karangasem.

Mek Sambru biasanya berjualan di depan toko tepi jalan. Blayag Bali ini buka mulai pukul 12.00 WITA hingga pukul 20.00 WITA.
Kuliner ini meraih penghargaan dari WBTBI karena telah konsisten dalam melestarikan keunikan Blayag khas Bali.

Selain itu, kepopuleran makanan khas Bali iniĀ  telah meluas hingga di luar Bali menjadi alasan pemerintah setempat untuk mengabadikan kuliner tradisional ini sebagai salah satu kekayaan budaya. Tidak hanya berfokus pada rasa, Blayag Mek Sambru juga mudah untuk pengunjung temui di lokasi strategis pusat kota.