10 Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Enak Dan Terkenal

10 Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Enak Dan Terkenal

casutacopiilor.info – Setiap wilayah di Indonesia memiliki kekhasan kuliner yang memikat, dan Semarang tidak ketinggalan dengan hidangan khasnya yang menggoda lidah. Makanan khas Semarang yang enak dan terkenal tidak hanya lumpia, namun masih banyak lagi seperti tahu gimbal, mi kopyok, dan nasi gandul yang begitu khasnya.

Namun, bagi sebagian orang, menentukan pilihan kuliner di Semarang bisa menjadi tugas yang menantang karena keragaman kuliner yang dimiliki oleh kota ini. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kuliner-kuliner apa saja yang wajib dicoba di Semarang.

Makanan Khas Semarang
Pixabay.com

Untuk itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi makanan khas Semarang yang tak hanya lezat tapi juga telah mencuri perhatian banyak penikmat kuliner. Jadi, jangan lewatkan ulasan lengkapnya hingga selesai.

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Enak Dan Terkenal

Semarang memiliki keberagaman kuliner yang menggoda selera, mulai dari camilan tradisional seperti pisang goreng, kue leker, soto, hingga hidangan berat seperti nasi bebek. Berikut 10 rekomendasi makanan khas Semarang yang enak dan terkenal:

1. Soto Bangkong

Salah satu maknan khas Indonesia adalah Soto, kuliner khas Nusantara ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Soto Bangkong adalah salah satu makaan khas dari Semarang.

Warung ini terletak di Jalan Bangkong (kini Jalan Brigjen Katamso) dan terkenal karena kecap khas buatan sendiri. Soto ini menggunakan daging ayam kampung yang memberikan cita rasa gurih, serta kuah bening kecokelatan yang menjadi ciri khasnya.

2. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo, yang berada di depan SMA Kolese Loyola, merupakan makanan khas Semarang yang terkenal dengan gerobak dan tenda kaki lima. Antriannya panjang, karena memiliki berbagai pilihan menu seperti telur sosis keju, jagung coklat keju, dan pisang coklat keju.

See also  Oseng Mercon Jogja, Rasa Pedas Mantapnya Bikin Muka Kesemutan

3. Pisang Plenet Gajah Mada

“Plenet” dalam bahasa Jawa berarti pipih atau penyek. Pisang Plenet Gajah Mada menjual pisang pipih yang dibakar di atas bara api dan kemudian dipenyek.

Topping seperti meses, selai nanas, gula putih, dan kacang ditambahkan untuk menciptakan rasa yang lezat. Tempat makanan khas Semarang ini cocok untuk menikmati santai sore di sekitar Jalan Gajah Mada.

4. Babat Gongso Pak Karmin

Babat Gongso Pak Karmin merupakan makanan khas Semarang yang menggabungkan babat, hati, paru, atau limpa dengan bumbu kecap dan cabai rawit, menjadi kelezatan khas Semarang.

Warung Babat ini berada di Jalan Aloon-Aloon Bar, terkenal dengan racikan bumbu yang khas, tidak hanya untuk babat gongso tetapi juga untuk nasi goreng babat.

5. Bakmi Jawa Pak Gareng

Makanan khas Semarang ini berfokus pada sajian mie. Bakmi Jawa Pak Gareng ini menyajikan bakmi goreng dan bakmi kuah dengan campuran telur, sawi, kol, dan daging ayam suwir. Untuk variasi, ada juga nasi ruwet, yaitu nasi goreng yang dicampur dengan bakmi goreng. anda juga harus mencoba makanan ini.

6. Nasi Gandul Pak Memet

Salah satu makanan khas Semarang yang harus dicoba adalah nasi gandul adalah nasi putih berkuah santan dengan potongan daging sapi dan jeroan. Penyajian istimewa dengan daun pisang, tempe goreng, perasan jeruk nipis, dan sambal menambahkan kelezatan Nasi Gandul Pak Memet sebagai makanan khas Semarang yang enak dan terkenal. Nasi Gandul Pak Mamet terletak di Jalan Dr. Cipto Nomor 12A.

7. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok merupakan gerai lumpia tertua di Semarang, yang menawarkan lumpia basah dan goreng. Isian rebung dan saus petis memberikan rasa khas Semarang. Warung ini berlokasi di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, dengan jam operasional pukul 08.00-17.00 WIB.

See also  Memasak Cumi agar Tidak Alot Jangan Asal Pemula Pantang Skip

8. Nasi Koyor Kota Lama

Nasi Koyor, yang berisi nasi putih, koyor (urat sapi), oseng kacang panjang, dan sambal, bisa dinikmati di Nasi Koyor Kota Lama sejak tahun 1955. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 25.000, dan dan warung ini mulai buka dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB di Jalan Gelatik Nomor 7.

9. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mi kopyok, yang merupakan mie kuning dengan tahu, tauge, dan kuah gurih, dapat disantap di Mie Kopyok Pak Dhuwur. Tempat ini berlokasi di Jalan Tanjung Nomor 18A, Pandansari, dan melayani pelanggan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

10. Tahu Gimbal Pak H.EDY

Tahu gimbal, sebuah makanan khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng, bakwan udang, dan siraman kuah kacang, dapat dinikmati di Tahu Gimbal Pak H. Edy yang berada di Jalan Pandanaran belakang STM 7 Nomor 2. Harganya untuk satu porsi mulai dari Rp15.000, dan warung ini beroperasi mulai pukul 13.00 hingga 21.00.