Pedas, Manis, Gurih Cita Rasa Khas Ayam Bakar Taliwang

Pedas, Manis, Gurih Cita Rasa Khas Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang adalah makanan khas dari Desa Karang Taliwang, Sumbawa.  Makanan khas ini memang sudah sangat dikenal masyarakat. Bahkan bukan hanya wilayah Sumbawa, Lombok, dan sekitarnya saja.

Indonesia adalah negara yang majemuk segala macam ras, suku dan etnik ada di Indonesia. Adat istiadat dari setiap wilayah juga berbeda-beda. Bahkan beda desa saja biasanya sudah beda adat.

Tidak terkecuali dengan makanan, makanan yang ada Indonesia pun sangat beragam. Diluar makanan yang sudah umum, ada makanan khas dari setiap daerah. Misalnya Rendang khas Padang dan Gudeg khas Jogja

Ayam Taliwang khas lombok juga meramaikan khasanah kuliner di Indonesia. Makanan ini menjadi khas karena memiliki ciri khusus yang hanya dimiliki daerah tertentu saja. Dengan namanya saja kita pasti sudah tau asal makanan itu.

Pedas, Manis, Gurih Cita Rasa Khas Ayam Bakar Taliwang
pixabay.com

Ayam Bakar Taliwang, Apa yang Spesial?

Setiap makanan pastinya memiliki kekhasannya masing-masing. Sama-sama mie goreng pun akan memiliki hal yang berbeda jika beda orang yang membuat. Apalagi makanan yang sudah jelas punya ciri khas. Berikut ini hal spesial yang dimiliki Ayam bakar Taliwang

Bumbu

Ayam Bakar ini memiliki ciri khas bumbu pedas, gurih, dan manis. Ciri khas bumbu pedas memang sangat melekat dengan Ayam Taliwang ini. Bumbu dasarnya adalah bawang merah, bawang butuh, cabai, dan tomat.

Untuk kamu yang suka makanan pedas pastinya sangat wajib untuk mencoba Ayam Taliwang. Namun, untuk kamu yang tidak suka pedas saat ini juga banyak warung yang menyediakan jenis bumbu madu. Seiring berkembangnya zaman, Ayam taliwang juga melakukan inovasi namun juga tidak menghilangkan ciri aslinya.

Jenis Ayam

Jenis Ayam yang digunakan pun bukan sembarang ayam. Ayam Taliwang akan menggunakan Ayam kampung yang masih muda. Dagingnya pun memiliki cita rasa tersendiri dan juga tidak terlalu kenyal.

See also  7 Rekomendasi Tempat Kuliner Terenak di Solo

Ayam yang digunakan memanglah harus ayam kampung segar muda. Ayam ini lebih berminyak dan juga lembut. Jik menggunakan ayam lain pastinya akan menghilangkan ciri khas dari Ayam Bakar Taliwang itu sendiri.

Menu Pelengkap

Makanan Biasanya tidak lengkap tanpa adanya menu pendamping yang cocok. Selain Ayam Taliwang, Plecing kangkung juga merupakan makanan khas lombok. Biasanya Ayam Taliwang akan disajikan berbarengan dengan Plecing kangkung.

Plecing kangkung merupakan makanan khas Lombok. Mungkin daerah lain juga memilikinya namun akan berbeda dengan plecing kangkung dari lombok. Bumbu plecing kangkung khas lombok berbeda dengan yang di luaran juga kangkung di lombok memiliki kualitas yang sangat baik.

Sudah Diakui oleh Kementerian Kebudayaan

Makanan ini juga bukan hanya namanya saja yang menjadi ciri khas. Namun, juga sudah diakui kementrian sebagai makanan khas dari Karang Taliwang, Sumbawa Besar. Hal itu bisa dilihat dari unggahan di situs Kementerian Budaya bagian Info Budaya.

Ayam Taliwang menjadi warisan budaya yang harus kita jaga. Dengan adanya Ayam Taliwang ini menambah bidang kuliner daerah yang ada di Indonesia. Selain itu, Ayam Taliwang memang memiliki sejarah panjang untuk kemunculannya.

Lombok adalah daerah yang mengenalkan Ayam Taliwang ini meskipun memang Ayam Taliwang bukan asli Lombok. Namun, kini ayam taliwang juga merupakan tujuan wisata kuliner di lombok. Kamu akan menemukan banyak resto di Lombok yang menyajikan menu Ayam Taliwang.

Ayam Bakar Taliwang wajib kamu cicipi saat melakukan perjalanan wisata ke Lombok. Walaupun saat ini kalian bisa menemukan banyak resto  di luar Lombok yang juga menyajikan menu Ayam Taliwang. Namun, rasanya mungkin akan jauh lebih nikmat jika dinikmati di daerah asalnya.

See also  Sate Buntel Solo, Kuliner Legendaris yang Patut Anda Coba