Makanan Khas Dieng, Rekomendasi Kuliner Lezat yang Populer

Makanan Khas Dieng, Rekomendasi Kuliner Lezat yang Populer

Makanan khas Dieng sudah menjadi kuliner tradisional masyarakat setempat sejak lama yang sayang jika Anda lewatkan. Banyak wisatawan yang datang ke Dieng hanya untuk mencicipi makanan khasnya. Oleh sebab itu, daerah wisata ini selalu penuh dengan pengunjung, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Panorama indah dan hidangan khasnya yang nikmat merupakan kombinasi sempurna ketika Anda berkunjung ke sana.

Makanan Khas Dieng, Rekomendasi Kuliner Lezat yang Populer
unsplash.com

Rekomendasi Ragam Makanan Khas Dieng untuk Cemilan dan Oleh-oleh

Dieng adalah salah satu destinasi wisata utama di Wonosobo, Jawa Tengah. Selain pesona alamnya yang memukau, Dieng juga menawarkan daya tarik lain berupa kuliner khas yang patut untuk Anda cicipi. Banyak makanan khas di kawasan ini yang menjadi favorit para pengunjung. Selain lezat untuk Anda nikmati selama berwisata, makanan-makanan tersebut juga cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner khas Dieng yang wajib Anda coba.

Mie Ongklok

Merupakan salah satu makanan khas Dieng yang paling terkenal dan tidak boleh terlewatkan. Makanan ini terbuat dari mie rebus dengan kuah kental yang menggoda selera. Merupakan komposisi dari campuran tepung tapioka, santan, kol, potongan daun kucai, dan beragam bumbu pilihan. Mie Ongklok sering kali tersaji dengan sate, serta hidangan pendamping lainnya seperti tempe dan tahu. Kelezatan mie ini terasa sangat nikmat bersanding dengan suasana dingin Dieng.

Mie ini juga tersedia dalam keadaan mentah yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh. Bungkus kemasannya tidak menggunakan plastik, namun dengan packaging keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu.

Nasi Megono

Salah satu makanan khas Dieng yang patut Anda coba selanjutnya adalah nasi megono. Makanan ini terdiri dari nasi, potongan nangka muda, ikan teri, dan irisan sayur. Meskipun memiliki sebutan sebagai sego reged karena tampilannya, jangan salah, rasanya sungguh lezat. Di kalangan warga lokal, nasi megono merupakan hidangan yang biasanya menjadi bekal saat bekerja di sawah.

See also  Sate Buntel Solo, Kuliner Legendaris yang Patut Anda Coba

Jika ingin menikmati sensasi makan yang semakin lezat, cobalah menyantapnya dengan tempe kemul sebagai pendampingnya. Kelezatan nasi megono akan memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan di Dieng.

Carica

Adalah jenis pepaya gunung yang menjadi khas daerah Wonosobo. Meskipun lebih kecil dari pepaya biasa, buah carica tetap menggoda selera saat Anda santap. Tumbuh subur di kawasan pegunungan, terutama di dataran tinggi Dieng. Menjadikan buah ini memiliki rasa yang istimewa. Camilan lezat ini tak hanya tersedia di Wonosobo, tetapi juga telah menyebar ke kota-kota besar di sekitarnya.

Biasanya, buah carica memiliki kemasan cup kecil berisi potongan buah dan air manis yang menyegarkan. Kombinasi rasa asam dan manisnya sangat cocok Anda nikmati ketika cuaca dingin. Untuk mendapatkan camilan ini, Anda dapat membeli satu cup dengan harga sekitar Rp4.000,00. Anda juga dapat memilih kotak berisi buah carica dengan harga sekitar Rp30.000,00. Harga bisa bervariasi tergantung merek dan ukuran cup.

Itulah beberapa makanan khas Dieng yang memiliki citarasa lezat. Ragam kuliner tersebut akan melengkapi perjalanan Anda ketika menikmati indahnya Dieng. Pastikan Anda mencoba hidangan khas seperti Mie Ongklok yang unik, nasi megono, dan manisnya camilan buah carica yang segar. Semua makanan ini akan memanjakan lidah Anda dan menambah kenikmatan dalam perjalanan wisata di Dieng. Selamat menikmati petualangan kuliner Anda di daerah ini.