5 Kuliner Tradisional Indonesia yang Digemari Negara Lain

5 Kuliner Tradisional Indonesia yang Digemari Negara Lain

Kuliner tradisional Indonesia adalah ragam jenis hidangan dengan cita rasa khas. Resep maupun proses pembuatannya bersifat turun temurun antar generasi. Setiap kuliner tradisional memiliki ciri khas yang berbeda antar daerah satu dengan daerah lainnya.

5 Kuliner Tradisional Indonesia yang Digemari Negara Lain
youtube.com

Inilah 5 Kuliner Tradisional Indonesia

Tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Ragam jenis kuliner tersebut juga populer di beberapa negara, karena rasanya yang lezat dan nikmat, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia yang berasal dari provinsi Yogyakarta. Masakan ini disajikan dengan kuah santan yang kental.

Cita rasanya semakin menggugah selera dengan tambahan telur, tempe, tahu, ayam kampung dan sambal goreng krecek. Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan.

Untuk mendapatkan rasa yang pas, proses pengolahannya membutuhkan waktu selama berjam-jam. Bagi yang ingin mencoba hidangan khas kota pelajar ini, silahkan datang langsung ke Yogyakarta. Saat ini, sudah banyak tempat kuliner yang menjajakannya dan tersebar di setiap sudut kota.

2. Pempek

Pempek atau empek-empek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan. Biasanya, pempek disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, pedas, dan manis.

Dibuat dari daging ikan yang dilembutkan dan dihaluskan. Setelah itu, dicampuri dengan tepung sagu dan tambahan beberapa bahan lainnya seperti telur. Tak lupa pula penyedap rasa, garam, dan berbagai jenis bumbu.

3. Rendang

Rendang adalah kuliner tradisional Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Tidak hanya terkenal di Sumatera Barat saja, hampir setiap daerah menyuguhkan rendang sebagai hidangan utama.

Bahan dasar pembuatannya adalah daging sapi atau kambing yang dimasak dengan aneka bumbu dan rempah. Untuk rasa gurihnya sendiri berasal dari santan yang kental.

See also  Makanan Khas Bali yang Lezat dan Harus Anda Coba

Tak jauh berbeda dengan gudeg, proses memasak rendang juga membutuhkan waktu selama berjam-jam. Ketika tingkat kematangannya sudah sempurna, rendang siap untuk dihidangkan.

Menariknya, rendang bisa bertahan lama hingga berminggu-minggu. Sebagian masyarakat menyimpannya ke dalam kulkas, jika ingin menghidangkannya lagi cukup dipanaskan saja.

4. Kerak Telor

Siapa yang tidak kenal dengan kerak telor? Kerak telor merupakan kuliner khas Jakarta.

Panganan ini terbuat dari kelapa parut, ketan putih, dan telur ayam atau bebek. Bahan tambahan lainnya seperti ebi dan bawang merah goreng.

5. Pendap

Pendap atau biasa disebut sebagai ikan pais. Proses pembuatannya tak jauh berbeda dengan pepes ikan.

Bedanya, ikan pais atau pedao menggunakan daun talas sebagai pembungkusnya. Cita rasa dari kuliner ini adalah gurih dan pedas, sehingga cocok disantap dengan nasi hangat.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kuliner tradisional Indonesia yang wajib dicoba. Selain mudah mendapatkannya, kuliner-kuliner tersebut memiliki harga yang sangat terjangkau. Kira-kira, mana yang ingin kamu coba pertama kali?