7 Rekomendasi Tempat Kuliner Terenak di Solo

7 Rekomendasi Tempat Kuliner Terenak di Solo

Kota Solo yang sering disebut sebagai “Spirit of Java” merupakan salah satu tempat terkenal di Indonesia yang menawarkan sederet pengalaman wisata tak terlupakan. Terkenal dengan beragam tempat wisata mulai dari keindahan alam, kaya akan jejak sejarah, hingga pusat perbelanjaan menarik, tak heran jika Solo juga dikenal sebagai surganya kuliner. Anda akan menemukan banyak restoran lezat di kota ini dan kami akan memberikan Anda rekomendasi tempat kuliner terbaik di Solo. Kuliner apa saja yang menarik perhatian di kota ini? Mari kita simak ulasan Kuliner Solo berikut ini.

Kuliner Solo
ilustrasi – pexels.com

Rekomendasi tempat Kuliner Terbaik di Solo

Kalau bicara solo, tak bisa dipungkiri kalau ada banyak tempat kuliner yang layak untuk dicoba. Diantara berbagai sajian lezatnya, berikut ini kami hadirkan daftar rekomendasi tempat kuliner terlezat di Solo:

1. Kuliner Selat Solo Mbak Lies.

Jika Anda sedang mencari destinasi kuliner terenak di Solo, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi Selat Solo.Hidangan ini memadukan daging cincang dengan berbagai sayuran seperti wortel, selada, kentang, dan kacang polong. Selat Solo disajikan dengan kuah yang kental dengan cita rasa yang khas dan unik yaitu manis dan asin. Salah satu warug Selat Solo yang populer di Kota Solo adalah Warung Mbak Lies. Warung ini berada di jalan Veteran Gang Yudistira Cerengan Kota Solo. Anda pasti akan kagum dengan rasanya yang luar biasa yang akan membuat Anda menginginkan lebih.

2. Kuliner Soto Gading Alun-Alun Selatan.

Saat berkunjung ke Solo, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi salah satu destinasi kuliner terlezat di Solo yaitu Soto Gading yang terkenal. Soto Gading terletak di dekat Alun-Alun Selatan Kraton Solo. Di antara banyaknya warung Soto yang ada di Solo, warung Soto ini adalah salah satu warung soto yg selalu ramai pembeli. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan mie dan ayam yang sudah jadi dan disuwir. Selain itu kuahnya yang kental dan bening dengan aroma rempah akan membuat pagi Anda semakin hangat dan penuh semangat.

See also  Asal-Usul Jajanan Kerak Telor, Makanan Khas Betawi yang Melegenda

3. Kuliner Timlo Sastro.

Timlo merupakan salah satu kuliner khas Solo yang mudah ditemukan di berbagai tempat di kota Solo, mulai dari warung-warung hingga restoran fine dining yang menyajikan kuliner tradisional Solo. Namun salah satu warung Timlo yang paling terkenal adalah warung Timlo Sastro yang sudah dibuka sejak tahun 1952. Timlo merupakan kuah kaldu ayam yang terbuat dari berbagai macam campuran seperti wortel, hati ampela, kentang, sosis, dan daging ayam.Hidangan ini lezat disantap dengan kerupuk kulit.

4. Bale Padi Resto.

Restoran ini Berlokasi di Jalan Kadilangu Baki Pandeyan, Bale Padi Resto menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan suasana yang nyaman dan sejuk.Restoran Bale Padi Resto menyajikan menu yang bervariasi pada pagi dan sore hari dan dari pagi hingga sore hari anda dapat menikmati hidangan seperti TumisTahu, Empal Gepuk, Oseng tempe pare dan gulai Kakap. Di malam hari restoran inimenyajikan hidangan seafood yang lezat.

5. Serabi Notosuman.

Bagi masyarakat Jawa Tengah, Serabi telah menjadi hidangan tradisional yang sangat digemari. Ada warung Serabi legendaris di Solo yang wajib Anda kunjungi dan sayang untuk dilewatkan: Serabi Notosuman di Jalan Moh. Yamin. Meski masakan tepung beras dan santan ini hanya hadir dalam dua rasa: original dan coklat, namun selalu ramai pengunjung yang mencari rasa autentik.

6. Es Dawet Telasih Bu Dermi.

Saat cuaca panas di Solo, jangan lupa mencicipi kesegaran es Dawet Telasih buatan Bu Dermi. Dengan harga yang sangat terjangkau sekitar lima ribu rupiah, Anda bisa menikmati semangkuk es dawet dengan bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, cendol dan biji telasih yang pastinya akan menyegarkan tenggorokan Anda.

See also  Kuliner Khas Malang yang Lezat Menggugah Selera

7. Es Gempol Pleret.

Selain Es Dawet, di Solo juga ada Es Gempol Pleret, khususnya di tempat Pak Suhar yang terletak di Jalan Dr. Wahidin berlokasi di Solo. Meskipun es ini tidak terlalu umum saat ini, namun rasanya sangat unik. Gempol adalah tepung beras yang dibentuk bulat pipih lalu dipanggang, dan Pleret adalah kue yang terbuat dari tepung beras yang dicampur gula jawa. Keduanya dipadukan dengan kuah es yang menjadikan sajian ini lezat dan unik.