Soto Ayam Lamongan, Bertabur Bumbu Koya Ciptakan Rasa Lebih Gurih

Soto Ayam Lamongan, Bertabur Bumbu Koya Ciptakan Rasa Lebih Gurih

Soto Ayam Lamongan menjadi pilihan kuliner yang berbeda dengan soto pada umumnya. Soto memang makanan yang paling mudah dijumpai dimana saja. Dengan banyaknya pilihan, tidak sedikit orang merasa kebingungan membedakan soto yang satu dengan lainnya. Salah satu ragam soto yang paling sering dijumpai dan populer yakni Soto Lamongan.

Layaknya nama yang dimiliki, Soto Lamongan adalah makanan yang asalnya dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Ragam soto yang identik dengan kuah yang bening menggugah selera, namun soto ini memiliki kuah kuning.

Biasanya soto ini disajikan menggunakan taburan bubuk koya sebagai pelengkap rasa dan pengental kuahnya. Soto Lamongan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasa makanan ini yang lezat dan membuat siapa saja akan ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Soto Ayam Lamongan
Foto: Istimewa

Soto Ayam Lamongan Memiliki Cita Rasa Gurih dan Nikmat

Kuliner tanah air yang beragam dan terkenal dengan bumbu rempahnya yang banyak sehingga membuat rasa masakan kuat serta lezat. Salah satu kuliner khas Nusantara yang banyak disukai yakni soto. Hidangan ini memiliki kuah kaldu yang kaya rasa dan isian daging ayam, sapi atau daging, maupun jeroan lainnya. Salah satu jenis soto yang populer adalah soto ayam Lamongan, Anda bisa dengan mudah menemukannya di wilayah Jawa Timur.

Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Lamongan, pastikan untuk mencicipi Soto Khas Lamongan. Bahkan kelezatan makanan ini tak perlu Anda ragukan lagi. Ciri khas dari Soto Lamongan ini menggunakan kuah yang berwarna kuning.

Rasanya semakin lezat dengan menggunakan berbagai rempah di dalamnya. Bahan utama hidangan ini yakni daging ayam kampung yang memberikan rasa ayam lebih gurih dan empuk di mulut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai soto ayam Lamongan yang lezat.

See also  Pedas, Manis, Gurih Cita Rasa Khas Ayam Bakar Taliwang

Gunakan Kemiri dan Kunyit

Perpaduan dari kedua rempah ini yang membuat kuah dari soto ini berwarna kuning dan kental. Meski begitu, kuah soto ini tetap ringan di lidah. Kekentalannya diperoleh dari kemiri yang cukup banyak sehingga tidak memicu mual saat disantap.

Isian Lengkap

Untuk isian dari Soto Lamongan ini juga cukup lengkap. Isian soto ini memakai irisan daging ayam pejantan atau ayam kampung yang besar, telur rebus, dan bihun atau soun rebus. Tak lupa tambahan irisan kol dan potongan daun bawang. Selain itu, juga menemani soto Lamongan biasanya tesaji kulit ayam, usus, ati ampela, sate telur puyuh, dan krokot atau tulang ayam.

Bumbu Koya

Satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari soto ayam Lamongan, yakni bumbu koya. Bahan yang terbuat dari remahan kerupuk udang dan bawang putih goreng. Selanjutnya dihaluskan dan ditaburkan sesaat setelah kaldu panas disiramkan ke dalam soto. Setelah diaduk, maka kaldu akan menjadi kental dan rasanya gurih. Konon katanya bumbu ini yang buat rasa soto ini jadi bikin banyak orang ketagihan.

Meski Soto Ayam ini biasanya disajikan dalam porsi yang cukup besar, namun juga tidak ditawarkan dengan harga yang mahal. Biasanya soto Lamongan ini dibanderol dengan harga yang terjangkau atau sekitar Rp 20.000 saja.

Soto ayam Lamongan ini yang cocok disajikan saat jam makan siang. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, namun makan soto juga bisa membangkitkan energy Anda. Jangan lupa sebelum menikmatinya, dengan menambahkan perasan air jeruk nipis, sedikit sambal dan kecap asin. Soto ayam ini sangat nikmat jika Anda santap saat masih hangat.