Mie Lethek Makanan Khas Bantul yang Memanjakan Lidah

Mie Lethek Makanan Khas Bantul yang Memanjakan Lidah

Makanan Khas Bantul yang bisa kamu coba sangatlah banyak. Bantul merupakan salah satu kabupaten atau kota yang berada di wilayah Yogyakarta. Bantul juga memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik dari daerah lain yang berada di Yogyakarta.

Makanan Khas Bantul
kemendikbud.co.id

Makanan Khas Bantul yang Unik dan Memanjakan Lidah

Saat kamu berkunjung ke Jogja rasanya kurang Afdol jika belum mengunjungi daerah yang satu ini. Bantul memiliki banyak pantai yang menawarkan pemandangan yang cukup estetik. Selain itu jalan menuju pantai sangat bagus danĀ  hampir sepenuhnya ramai.

Jadi, kamu tidak perlu takut untuk berkendara ke pantai walau malam sekalipun. Selain pantai masih banyak sekali destinasi wisata di Bantul seperti hutan pinus, goa, air terjun, dan masih banyak lagi.

Pastinya tidak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khasnya. Berikut ini adalah makanan khas Bantul.

Mie Lethek

Lethek dalam bahasa Indonesia berarti ‘kotor’. Namun, bukan berarti mie ini tidak higienis. Dinamakan mie lethek karena warnanya yang agak keruh saja.

Untuk rasanya kamu tidak perlu khawatir. Kuliner yang satu ini memiliki rasa yang bisa menggoyangkan lidahmu. Selain itu, mie yang satu ini juga tidak menggunakan bahan pengawet, jadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Mie Pentil

Makanan khas selanjutnya yang wajib kamu cicipi saat ke Bantul adalah mie pentil. Berbeda dengan mie lethek mie ini memiliki warna putih dan kuning. Disebut mie pentil karena bentuknya menyerupai pentil.

Kamu bisa menemukan mie ini di pasar-pasar tradisional. Harganya pun cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan mie ini dengan harga 2rb rupiah saja. Namun, memang porsinya kecil, biasanya digunakan untuk sarapan atau pelengkap saja karena memang porsinya tidak terlalu besar.

See also  Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Langsung

Mie Des

Masih dengan mie, kuliner selanjutnya yang terkenal di Bantul adalah Mie Des. Mie ini juga sama dengan mie pentil hanya saja dimasak dengan rasa yang pedes atau pedas. Tampilan mie des ini hampir sama dengan bakmi jawa pada umumnya.

Namun, jika toping bakmi jawa adalah ayam kalau toping mie des bukan ayam melainkan ebi. Toping ini juga menjadi salah satu ciri dari citarasa mie des ini.

Gudeg Manggar

Kalau mendengar kata Jogja, biasanya yang terlintas adalah gudeg. Nah, Bantul juga memiliki makanan khas berupa gudeg. Namun memiliki sedikit perbedaan dengan gudeg Jogja pada umumnya.

Kalau gudeg Jogja menggunakan nangka sebagai bahan utamanya. Sedangkan gudeg yang satu ini menggunakan manggar atau bunga kelapa. Karena menggunakan manggar tekstur dari gudeg ini lebih padat daripada gudeg yang menggunakan nangka.

Nah, itulah makanan khas Bantul yang bisa kamu cicipi saat kamu mengunjungi Bantul. Sebenarnya masih banyak lagi makanan bantul seperti adrem, geplak, gatot, peyek tumpuk, dan lain sebagainya yang juga bisa kamu coba.