Tips Memasak Kerang Kupas agar Tidak Amis dan Alot

Tips Memasak Kerang Kupas agar Tidak Amis dan Alot

Tips memasak kerang kupas dengan tepat berikut ini membantu Anda untuk menyajikannya tanpa adanya bau amis atau berbau berlumpur lagi. Cara memasak kerang yang kurang tepat juga dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan.

Hal tersebut karena adanya kotoran kerang yang belum sepenuhnya hilang dalam proses pembersihan yang Anda lakukan. Sedangkan habitat kerang ini berada di dasar perairan yang memiliki kandungan lumpur dan endapan berbagai jenis kotoran. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dengan pasti cara mengolah kerang kupas dengan tepat.

Tips Memasak Kerang
www.ngopibareng.id

Tips Memasak Kerang Kupas dengan Tepat

Bagi para penggemar seafood, kerang pasti menjadi salah satu jamuan istimewa yang tidak boleh tertinggal. Namun, tidak jarang mereka menemui kerang dengan bau yang amis atau berlumpur karena proses pengolahan yang kurang tepat.

Bahkan beberapa diantaranya alot dan keras. Hal inilah yang membuat banyak orang enggan untuk mengolah dan memasak kerang sendiri.

Sebenarnya memasak kerang ini bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Adapun beberapa tips agar olahan kerang kupas Anda tidak bau amis dan alot layaknya sajian dari restoran seafood adalah sebagai berikut:

Pastikan Anda Memilih Kerang yang Masih Segar

Ketika membeli, pastikan Anda memilih kerang kupas yang benar-benar masih fresh atau segar. Ciri-ciri dari kerang yang masih segar adalah tidak berlendir, tidak berbau, dan cangkangnya masih tertutup rapat.

Sementara itu, jika Anda memilih untuk membeli kerang yang sudah dikupas, pilihlah yang warnanya cerah alami dan masih segar.

Rendam Kerang Kupas dalam Larutan Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan bau amis pada berbagai macam olahan seafood, tak terkecuali kerang kupas. Tips memasak kerang kupas yang berikutnya ini terbilang cukup efektif ketimbang beberapa tips lainnya.

See also  10 Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Enak Dan Terkenal

Anda hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua atau empat bagian. Peras bagian jeruk nipis tersebut hingga mengeluarkan sari-sarinya.

Kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah berisikan air yang mampu menampung seluruh kerang kupas Anda. Rendam dalam waktu 30 menit atau hingga bau amis pada kerang benar-benar hilang.

Setelah mencapai durasi waktu tersebut, Anda dapat mencuci kerang kupas seperti biasanya hingga kotoran di dalamnya bersih tanpa sisa.

Gunakan Rempah Alami

Tips berikutnya adalah gunakan rempah-rempah alami. Selain memberikan cita rasa, rempah-rempah ini dapat meminimalisir bau amis atau berlumpur pada kerang.

Anda dapat menggunakan rempah seperti serai dan jahe untuk mengurangi bau amis yang lebih efektif. Tambahkan pula beberapa helai daun jeruk yang masih segar dan sudah dibersihkan.

Masak dengan Api Sedang

Langkah berikutnya ini sebagai upaya agar kerang kupas Anda tidak keras dan alot. Ketika sedang dalam tahap perebusan gunakan api sedang, jika sudah matang segera matikan api. Tunggu hingga 5 sampai 10 menit, lalu tiriskan kerang. Jika terlalu lama dalam proses merebusnya, daging kerang justru akan alot bahkan keras.

Itulah beberapa tips memasak kerang kupas yang tepat agar olahan seafood Anda tidak berbau amis atau bahkan alot.