Kuliner Rawon Khas Surabaya, Citarasa Nusantara yang Melegenda

Kuliner Rawon Khas Surabaya, Citarasa Nusantara yang Melegenda

Kuliner rawon khas Surabaya adalah sup daging sapi yang berkuah hitam pekat dan gurih. Ciri khas rawon Surabaya adalah penggunaan kluwek, sejenis buah yang menghasilkan warna hitam pekat dan rasa yang khas. Bahan-bahan lain dalam pembuatan rawon Surabaya antara lain daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, dan lain-lain.

Rawon Surabaya adalah salah satu kuliner khas Jawa Timur yang paling populer. Makanan ini dapat Anda temukan di berbagai tempat di Surabaya.

Kuliner Rawon Khas Surabaya, Citarasa Nusantara yang Melegenda
unsplash.com

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner Rawon Khas Surabaya

Indonesia merupakan surganya ragam kuliner yang kaya akan cita rasa dan keunikan. Salah satu hidangan yang menggugah selera dan memiliki tempat khusus di hati para pecinta makanan adalah rawon. Kuliner ini memiliki akar budaya yang dalam di Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya.

Makanan ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kuliner Surabaya selama berabad-abad. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan rawon terkenal di Jawa Timur.

Rawon Setan Surabaya

Jika Anda pergi ke Aceh, akan ada nasi goreng setan di salah satu restoran. Begitu juga di Surabaya, ada Rawon Setan di Jl. Embong Malang No. 78, Surabaya, Indonesia. Rawon Setan bernama demikian karena hanya buka malam hari. Sehingga kadang dikaitkan dengan hal-hal mistis. Warung ini sudah ada sejak tahun 1990-an dan terkenal karena banyak seniman yang datang.

Rawon Gajah Mada

Merupakan tempat makan kuliner rawon khas Surabaya yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan kaldu sapinya yang kaya. Daging sapinya juga empuk dan tidak alot. Tempat makan ini memiliki suasana yang nyaman dan bersih.

Rawon Gajah Mada, meskipun bukan asli dari Surabaya adalah hidangan utama yang sayang untuk Anda lewatkan. Meski aslinya dari Sidoarjo, rasa lezatnya tetap menggoda. Lokasinya di Jl. Raya Jemursari No. 17, Wonocolo, Surabaya, membuatnya mudah dijangkau dan strategis.

See also  Makanan Khas Gunungkidul yang Wajib Kamu Coba

Rawon Nguling

Rawon ini sebenarnya berasal dari wilayah perbatasan Pasuruan dan Probolinggo. Meskipun begitu, rasanya tetap nikmat, bahkan setelah sampai di Surabaya. Jika Anda datang ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mencoba hidangan rawon lezat ini.

Ini adalah restoran rawon tertua yang legendaris. Sudah berdiri sejak tahun 1940-an, tetapi rasa, kualitas, dan pelayanannya masih istimewa hingga saat ini. Kuah rawonnya tidak terlalu kental dan berwarna hitam, dengan daging sapi empuk dan ditambah kecambah pendek.

Rawon Pak Pangat

Jika Anda ingin mencoba variasi rasa rawon, datanglah ke Rawon Pak Pangat. Di sini ada tiga pilihan menu, rawon suwir, rawon campur, dan rawon krensengan yang jadi favorit. Rawon krensengan adalah perpaduan rasa rawon dan krengsengan, dengan daging suwir yang lezat.

Rawon Pak Pangat juga punya cabang di beberapa lokasi di Surabaya, jadi mudah Anda temukan. Anda juga bisa membawa pulang rawon khas Surabaya ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Dalam menjelajahi kuliner rawon khas Surabaya, pastikan untuk mencoba setidaknya salah satu dari tempat-tempat tersebut. Setiap tempat memiliki ciri khas dan rasa yang unik, menciptakan pengalaman kuliner yang berbeda setiap kali Anda mencicipinya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan rawon khas Surabaya saat Anda berkunjung ke kota ini.