Memasak Cumi agar Tidak Alot Jangan Asal Pemula Pantang Skip

Posted on

Memasak cumi agar tidak alot sebenarnya mudah tetapi tetap butuh perjuangan. Tekstur cumi lebih sensitif sehingga menghilangkan sensasi alot-nya butuh trik.

Rasa gurih dan lezat daging cumi begitu menggoda selera. Tak salah apabila orang menyukainya ketimbang olahan seafood yang lain.

Hanya saja, musuh mereka adalah belum tahu cara pengolahan yang tepat. Alhasil, orang kesulitan mengunyah saking alotnya.

Memasak Cumi agar Tidak Alot
freepik.com

Trik Tepat Memasak Cumi agar Tidak Alot

Memasak olahan cumi yang empuk merupakan kebanggaan tersendiri. Bila ini adalah pengalaman pertama Anda, tidak perlu ragu. Cobalah beberapa trik berikut agar olahan cumi teksturnya empuk dan tidak mengecewakan.

Rendam Dalam Larutan Baking Soda

Tips sederhana tetapi belum banyak yang tahu bahwa baking soda bisa mengempukkan daging cumi. Rendam cumi yang telah bersih ke dalam larutan baking soda dan garam selama 15 – 20 menit. Perendaman bertujuan memecahkan otot-otot cumi.

Cuci cumi di bawah air mengalir setelah tahap perendaman selesai. Ini untuk menghilangkan rasa pahit baking soda. Pastikan lagi ketika membersihkannya tidak ada tulang yang tertinggal di dalam daging.

Pahami Waktu Memasak

Pada dasarnya, memasak cumi agar tidak alot adalah dengan memperhatikan waktu memasak yang tepat. Hal ini berkontribusi pada empuknya daging cumi. Anda bisa memasaknya dalam waktu sebentar, bisa juga dalam waktu yang lama.

Maksudnya, memasak cumi hanya butuh waktu tidak lebih dari 3 menit. Apa yang terjadi jika memasak lebih dari 3 menit? Bila kasusnya demikian, silakan melanjutkan merebusnya hingga 20 – 30 menit.

Ini akan membuat daging cumi empuk kembali. Bila sudah matang, masukkan cumi ke dalam air dingin. Tujuannya untuk menghentikan proses memasak sehingga daging cumi tetap empuk.

See also  Jenis Soto di Indonesia, Nikmatnya Keunikan Kuliner Nusantara

Bila Anda menggorengnya, usahakan hanya sekitar 2 menit saja. Bila melebihi waktu tersebut, maka cumi akan menjadi alot dan keras.

Masak Terpisah

Bila ingin memasak cumi menjadi sop, sebaiknya rebus cumi secara terpisah dari bahan sop lainnya untuk menghindari daging menjadi alot. Hal ini terbukti efektif untuk membuat daging cumi tetap empuk tanpa terganggu bahan sop lainnya. Jadi, masukkan cumi sesaat sebelum mematikan kompor.

Marinasi

Selain baking soda, bisa juga merendam daging cumi dengan air lemon, jus buah kiwi, atau susu. Rendam hingga tekstur kenyal dan alot pada daging cumi hilang, yakni selama 30 menit.

Ingin mendapatkan hasil lebih sempurna? Silakan merendam daging cumi dalam waktu semalaman menggunakan susu. Taruh rendaman tersebut ke dalam kulkas.

Tunggu Hingga Suhu Cumi Menurun

Mengingat daging cumi mudah basi, lebih aman penyimpanannya dalam freezer. Ketika sudah tiba waktu memasak, keluarkan cumi dari freezer kemudian tunggu beberapa saat hingga suhunya sesuai suhu ruangan. Bila langsung memasak daging cumi saat masih dingin dan basah, maka olahan cumi menjadi alot.

Kini, sudah tahu bukan trik memasak cumi agar tidak alot? Tinggal cari menu apa yang hendak Anda buat. Berbagai olahan menu tersebut bisa Anda peroleh melalui situs memasak terpercaya.